Cara Membuat Waffle dengan Mudah

Waffle ialah makanan yang sudah cukup terkenal di negara Eropa dan sekitarnya, yang mana saat ini sudah mulai menyebar ke Negara kita, yang demikian itu terlihat dari maraknya penjualan waffle di pinggiran jalan dan cafe. Jenis waffle yang cukup terkenal adalah roti waffle dari negara Belgia yang memiliki nama yang berbeda-beda, seperti waffle pandan, blue waffle, dan masih banyak yang lainnya.

Waffle merupakan kue yang berasal dari negara Belgia bermotif kotak-kotak seperti wafer. Waffle memang bukan merupakan makanan khas Indonesia, akan tetapi makanan ini sangat banyak dijumpai di cafe yang terdapat di Indonesia.
1. Jenis-jenis kue waffle
Berikut ini adalah beberapa macam roti waffle yang biasa kita temukan di sekitar kita. Berikut penjelasannya:
a. Waffle Amerika

Ini ialah varian roti waffle yang dihidangkan di All Good. Roti waffle Amerika semakin lezat jika disiram dengan aneka topping di atasnya, seperti:f krim, sirup, dan es krim.
Biasanya Waffle Amerika mempunyai tekstur yang lebih tipis dengan isi yang padat. Walau memiliki isi, waffle Amerika tetap mudah dipotong layaknya pancake.

b. Waffle Belgia

Belgian Waffles biasanya mempunyai berat yang ringan dengan tekstur yang agak garing. Waffle Belgia memiliki bentuk yang unik yaitu persegi panjang.
Sesungguhnya apabila melihat dari historinya, Aslinya Waffle Belgia hanya ditaburi gula saja tanpa dicampur topping lainnya. Penambahan topping di waffle Belgia ini bisa dibilang sudah merubah keautentikannya.

Baca juga  Tips Memulai Bisnis Waralaba Donat Madu
c. The Liège waffles

Bahan The Liège waffles diadaptasi dari adonan roti Brrioche yang memiliki cita rasa manis. Hal itulah yang menyebabkan the liege waffles terasa padat dan manis di mulut.

d. Hong Kong waffles

Di negara Hong Kong, roti waffle biasanya dijajakan oleh pedagang. Mereka bisa mengkonsumsinya selagi kondisi hangat.

Waffle Hong Kong memiliki bentuk bulat-bulat seperti kue cubit. Penjual waffle di negara ini memiliki kebiasaan menaburkan mentega, kacang, cokelat, atau gula di bagian atas waffle kemudian barulah dilipat menjadi satu.

e. Scandinavian waffles

Waffle Scandinavia dicetak tipis setelah itu dibentuk menyerupai bentuk hati. Setelah itu di atas Scandinavian waffle diberi gula, stroberi, selai, dan berbagai jenis buah.

f. Stroopwafels

kue waffle bermodel Belanda ini ialah waffle tipis ditambahkan dengan manisan sirup di dalamnya. Adonannya dibuat dari tepung, mentega, gula merah, ragi, susu, dan telur.
Stroopwafels ialah waffle yang dibelah menjadi dua bagian yang sama disaat masih dalam proses pemanggangan. Barulah waffle diolesi dengan gula merah, sirup, mentega, dan kayu manis sebagai perekat pada kedua bagian waffle.

2. Bahan-bahan yang Diperlukan untuk Membuat Waffle
Cara membuat waffle yang akan kami berikan berikut adalah teknik yang tidak banyak berbeda dengan cara waffle belgia yang sudah sangat dikenal, sehingga menyebabkan waffle ini menjadi cukup enak dan garing.
Untuk mendapatkan waffle yang enak dan bergizi anda membutuhkan setidaknya bahan-bahan berikut ini :

a. 250 gram tepung terigu.
b. 1/20 kg margarin cair.
c. Dua gelas susu cair.
d. ½ sdt garam halus.
e. 3 kuning telur ayam.
f. 3 butir putih telur ayam.
g. Dua sendok gula pasir putih.
h. 4 sdt baking powder siap saji.
i. Kemudian vanila powder, sesuai kebutuhan.

3. Langkah-langkah Membuat Roti Waffle Spesial Renyah Garing.
a. Sediakan 2 wadah yang berlainan untuk sarana mencampurkan bahan adonan, masukan tepung terigu, gula pasir, garam halus, vanila powder, dan baking powder di tempat pertama, kemudian aduk hingga tercampur semua.
b. Kemudian masukan margarin yang sudah dicairkan, kuning telur dan susu cair, setelah itu aduk sampai merata.
c. Berikutnya campurkan adonan cair pada tempat kedua kedalam wadah pertama, setelah itu aduk hingga seluruh bahan tercampur secara rata.
d. Setelah itu masukan putih telur ke dalam mixer sampai warnanya berubah menjadi putih seperti warna busa sabun.
e. Pindahkan hasil mixeran putih telur ke wadah 1, lalu kocok lagi sampai tercampur rata.
f. Panaskan loyang waffle sembari mengolesi semua bagian atas loyang dengan margarin.
g. Masukan adonan waffle secukupnya, usahakan semua permukaan loyang ditutup dengan adonan lalu tutup dalam keadaan rapat.
h. Berikutnya biarkan hingga waffle matang, angkat dan hiasi setiap bagian atasnya dengan beraneka macam toping sesuai dengan selera anda.
i. Setelah itu waffle lezat renyah siap untuk disajikan.
j. Biarkan adonan hingga mengembang supaya nantinya tersaji waffle yang lezat dan gurih.
k. Terakhir tambahkan madu, sirup mafel, es krim, selai strowberry, dan lainsebagainya berdasarkan kehendak anda.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Sumber : https://ramesia.com/cara-membuat-waffle-dengan-mudah-2/
https://ramesia.com/

Peluang Usaha Jualan Es Krim

Kimia Es Krim
Es krim bersumber dari bahasa inggris yakni ice cream. Kata “ice cream” sendiri mempunyai usul, yakni iced cream. Kalau dilihat, maka iced cream berarti krim yang dijadikan. Memang pada umumnya bahan utama es krim adalah susu. Kemudian susu krim ini kombinasikan perisa atau buahan-buahan. Selain itu es krim juga ditambahkan pemanis seperti sukrosa, sirup jagung, dan beberapa macam pemanis lainnya.

Sejarah Es Krim
Sebelum manusia melihat dan mengkonsumsi es krim yang serupa saat ini, manusia telah memakan es krim sejak masa pra sejarah. Tapi es krim yang dikonsumsi bukanlah es krim sebenarnya, akan tetapi salju yang dicampurkan dengan berbagai macam bahan makanan lainnya. Semisal pada abad ke-5 sebelum masehi, Hippocrates menyuruh pasiennya agar mengkonsumsi salju yang dicampurkan dengan buah dan madu. Di tempat lain, yaitu Cina, kombinasi antara nasi dan susu beku dipakai pada abad 200 sebelum masehi.

Perjalanan es krim sehingga menjadi es krim yang seperti kita makan sekarang berjalan dari abad ke-16 hingga 19. Lalu es krim menjadi populer di penjuru dunia terjadi pada abad ke-20-an. Yakni ketika kulkas menjadi hal yang lebih lumrah. Pada masa itu berlangsung kemunculan warung es krim dengan bermacam-macam jenis dan rasa. Satu di antaranya yaitu Baskin-Robbins, yang masih hidup hingga sekarang. Bisnis itu membuat 31 macam es krim. Saat ini, mereka mempunyai kurang lebih seribu macam.

Es Krim Zaman Ini
Salah satu perkembangan penting pada es krim waktu abad ke-20 ialah ditemukannya soft-served ice cream. Soft-served ice cream ialah es krim yang mempunyai lebih banyak udara. Oleh karena itu es krim ini lebih halus jika dibanding es krim biasa. Es krim ini menjadi pilihan lain di samping es krim keras.

Baca juga  Panduan Sistematis Bisnis Es Krim di Rumah
Sebelum perkembangan freezer modern, es krim lumayan susah didapatkan dan langka. Ini disebabkan es krim biasanya cuma bisa didapatkan waktu musim dingin atau di daerah yang benar-benar bersuhu dingin.

Pada abad ke-19 dan permulaan abad ke-20 pemrosesan es krim dilaksanakan dengan freezer-freezer khusus es krim. Sekarang produksi es telah memakai mesin. Alat es krim biasanya dibagi menjadi dua tipe, yakni yang digunakan untuk memproduksi hard-served ice cream dan yang bertujuan membuat soft-served ice cream. Salah satu alat tersebut dapat diperoleh di Ramesia Mesin.

Peluang Usaha Es Krim
Tak cuma produknya saja yang nikmat. Peluang usaha es krim pun juga cukup lezat.

Mirza Akbar membangun Yogya Ice Cream tanggal April 2008. Waktu itu dia masih berumur 20 tahun dan merupakan mahasiswa semester 4. Waktu membangunnya Mirza memperoleh modal 40,7 juta dari orang tuanya. Modal itu ia dapatkan dengan syarat ia tidak menerima uang bulanan lagi sesudah. Akhirnya ia menjalankan usaha es krim dengan memakai tenda dengan ongkos sewa 300.000 rupiah per tahun.

No comments:

Post a Comment

Tips Memulai Usaha Roti Goreng Sosis

Membuat bisnis pembuatan roti dengan skala rumahan bisa menjadi opsi untuk Anda yang masih mencari usaha yang menguntungkan. Bisnis rumahan ...